Rabu, 09 April 2008

PANTONE COLOR APLICATION (FGD Forum)

Pantone color guide seerti yg pernah di release di milist ini sebelumnya akan memilki beberpa type spt, C =untuk coated paper, U = Uncoated, Tx= Textile, etc..

mengenai warna pantone yg dibuat di buat di pabrik tinta berlisensi dari pantone atau yg belum berlisensi. akan membuat warna sesuai yg dipesan (umumnya Percetakan). (istilahnya color matching) dengan subtrate tertentu sesuai kertas yg akan di pakai.


misal, Percetakan PT Lampu Rakyat memesan warna pantone 072 C Blue untuk dicetak AP 80 gram, dan PT Dian Aladin memsan warna yg sama di Duplex. Tentu hasil warna ini akan dibuat maksimal sesuai buku pantone yg dijadikan patokan. (edisi @1990, @ 2000 atau @ 2002 atau lebih baru buku pantone-nya) .

Warna pantone yg diatas AP 80 gram, hanya cocok untuk AP 80 yg (sejenis tentunya) dan pantone yg di buat untuk duplex untuk duplex. Bila di tukar hampir bisa dipastikan warna tidak akan sama.

Pengalaman saya, Pabrik tinta akan memiliki stock tinta warna pantone tapi harus di pastikan warna pantone itu untuk subtrate apa, AP, Duplex atau HVS (uncoated), atau White coating (metal decorating ink).

Info tambahan, melakukan color matching akan dua hal yg mendukung, Expert techncal dan Alat ukur yg dipakai, dan subtarte yg digunakan. jadi sangat subjectif, tidak semua kualifikasi pembuat warna pantone di setiap pabrik tinta memmilki skill yg sama.


[sugengendarsiwi]/Binh Duong, 09 April 2008

Tidak ada komentar: