Rabu, 05 Januari 2011

bahan Anti gores, untuk TInta

Galaxy-Grafika, Membicarakan bahan anti gores (Scratch additive) di produk tinta untuk percetakan, pembuat tinta (Ink Maker) akan menapatkan berbagai jenis wax. diantaranya adalah :

1. parafin Wax
2. Polyethylena Wax
3. Vegetable Wax

Ketiga jenis wax ini akan di dapatkan di beberapa supplier bahan grafika. Ketiga bahan ini bisa di pakai bersamaan dengan modifikasi tentunya, atau bisa juga di pakai salah satu.

Kenapa tinta perlu Wax ?

Dalam produk percetakan yang kita pahami bersama, tentu terdapat berbagai jenis hasil cetak dan di peruntukan untk berbagai macam tujuan. Umumnya produk percetakan untuk bungkus makanan (packaginh) dan sampul buku (cover) akan menuntut tahan gores. Dalam berbagai kesempatan, bahan cetak ini tidak di coating (lapisi) dengan varnish. Lapisan tinta di jadikan image tanpa bahan pelindung varnish. Untuk kondisi biasa, misal bahan cetak itu minim sentuhan dengan bahan lain, dan hanya di pakai sekali saja. Kekuatan Tahan gores bisa saja minimal ( 5-10 x test gores, kertas HVS 80 gsm/ berat 250 gram beban). Di kondisi yg ekstrem, tentu saja di tuntut tahan gores yang maksimal. misal 50- 100 x test gores, kertas HVS 80 gsm/ bebas 250-500 gram).


SE Binh Duong Prov.

Tidak ada komentar: