Minggu, 16 Januari 2011

Mencetak di atas Kaleng (Printing on Metal)

Saat kita membayangkan mencetak di atas kaleng, sebenarnya mencetak tidak benar 2x diatas kaleng (raw metal). Tinta yang di cetak akan diatas lapisan (coated)-nya. Jika kita mencatak diatas lapisan utama (primer Coating) atau treatment itu pun juga kaleng yg di lapisi.

Ada dua kategori lapisan kaleng:
1. Thermoplastic
2. Thermoset

Thermoplastic coating merupana lapisan yang bukan karena reaksi kimia selama terjadi pengeringan, Pengeringan terjadi karenag penguapan atau pemanasan. Pada lapisan Thermoplastic setaeah kering tidak terlalu tahan terhadap panas yg tinggi dan solvent yang kuat. Kita masih dapat mencairkan lapisan thermoplastic dengan cara memanaskan lagi atau di campurkan dengan solvent lain yg lebih kuat.

Thermoset coating merupaka lapisan yang mengering dengan reaksi kimia yang di kenal dengan Polymerization atau Crosslinking. Setelah kering lapisan type ini sangat tahan panas, dan tahan gesek dengan solvent kuat lainnya. Lapisan inu sempurna pengeringannya dengan pemanasan suhu tinggi.

Resin yang di pakai diantaranya Vinyl(bisa Plastisol atau solution), Polyester atau acrylic. Vinyl Coating adalah Thermoplastic. Mengering dengan solvent evaporation, Solution system dan Plastisol mengering dengan pemanasan. Polyester dan acrylic adalah resin yang umum dipakai untuk thermoset coating. Permukaan yang lunak dari thermoplastic sangat rekat bial dicetak tinta di atasnya dibandingkan dengan Thermoset coating yg sulit di cetak tinta diatasnya.

Meskipun Thermoplastic coating lebih lunak dan mudah dicetak dengan tinta dibanding thermoset coating, Tapi memiliki kelemahan pada ketahana kimia dan abrasi. Hal ini tidak cocok untuk aplikasi tinta sablon atau tinta yang lainnya. Oleh Karena itu percetakan akan cocok dengan thermoset coating pada kaleng yang di pesannya. Saat memesan coated-metal substrate pastikan jenis coating-nya apakah Acrylic, Polyester, atau lainya. Adakalanya slip agent di tambahkan pada coating ini sehingga membuat sulit di cetak diatasnya.



Sugeng Endarsiwi
Pekerja Grafika

1 komentar:

Nuh irsan mengatakan...

Bahan kimia apa saja yg dibutuhkan untuk percetakan kaleng? Apakah membutuhk solvent untuk kaleng?